MANFAAT MAKAN SAYURAN HIJAU

Sayur merupakan menu pelengkap dalam hidangan makan setiap hari. Kebutuhan serat dalam tubuh kita dipenuhi dengan memakan sayur. Sayur merupakan salah satu syarat pelengkap makan sehat.

Dalam sayuran, terdapat vitamin yang bekerja sebagai antioksidan dengan cara mengikat lalu menghancurkan radikal bebas, dan mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun di tubuh.

Sayur sebagai sumber serat yang bebas lemak juga cocok banget buat menu diet yang sehat.


Semua sayuran hijau mengandung kalori kurang dari 25 per porsi, jika dimakan tanpa tambahan lainnya. Makan seporsi sayuran hijau bisa menghasilkan kenyang yang sama dengan setangkup roti gandum.


Sayuran kaya akan betakaroten, alfakaroten, dan lutein yang terbungkus dalam kantong pigmen hijau daun (klorofil). Jika di dalam tubuh terdapat benih kanker, maka benih tersebut akan memilih sel lemah, sehingga sel tersebut mudah dilumpuhkan.

Selain itu klorofil juga mampu berfungsi sebagai pembersih alamiah (mendorong terjadinya detoksifikasi); antioksidan yang akan menetralkan radikal bebas sebelum menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh; antipenuaan dan antikanker.



Dan juga, enzim protease inhibitor yang terdapat dalam sayuran hijau dapat berfungsi sebagai pencegah timbulnya kanker, terutama kanker pada usus. Kandungan vitamin K dalam sayuran hijau berperan penting dalam proses pembekuan darah, pembentukan tulang, serta mencegah pembentukan batu ginjal. Mengonsumsi sayuran hijau secara teratur dalam setiap porsi makan dapat mempertahankan keremajaan kulit dan membantu mempertahankan kekuatan pembuluh darah agar tidak mudah pecah.

Kandungan antioksidan. Yang tak kalah penting, kandungan antioksidan dan serat alami dalam sayuran hijau akan menjaga kesehatan dan melancarkan saluran pencernaan. Hal ini akan memudahkan sisa-sisa metabolisme yang tidak berguna keluar dari tubuh sehingga tak sempat mengendap dan menimbulkan penyakit.


Meningkatkan daya tahan tubuh. Buah-buahan dan sayuran mengandung fitokemikal, komponen biologi aktif yang membantu tubuh Anda melindungi diri dari berbagai jenis penyakit. Berbagai hasil penelitian menunjukkan, jika Anda mengonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur secara rutin, Anda akan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, stroke, penyakit jantung, kanker, dan tekanan darah tinggi.