CARA MENURUNKAN BERAT BADAN MENJADI LANGSING

Cara yang tepat menurunkan berat badan perlu dilakukan oleh orang yang melewati batas normal berat badan atau yang sering kita kenal dengan Obesitas. Obesitas terjadi karena beberapa hal dalam pola makan dan gaya hidup sehari-hari. Apalagi seorang wanita yang mengalami obesitas atau kegemukan, mereka pasti berusaha mendapat tubuh langsing, sehat dan cantik. Berikut ini cara menurunkan berat badan menjadi langsing.


1. Membatasi Jumlah Kalori


Memang beratkederangannya, apalagi sudah terbiasa makan dengan porsi besar.  Tetapi dengan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi akan mempercepat proses penurunan berat badan. Hitunglah jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari. Anda bisa mencari alat penghitung BMR yang dilihat dari usia, tinggi badan, dan berat badan. hasilnya akan menunjukkan berapa banyak kalori yang Anda butuhkan sehari-hari.

Setelah mengetahuinya, Anda perlu membatasi kalori yang dikonsumsi. Misalkan Anda membutuhkan 2.400 kalori sehari, maka kurangi jumlahnya dan konsumsi sekitar 2.100 kalori sehari. Jangan mengurangi kalori terlalu banyak agar tak mempengaruhi kesehatan Anda.

2. Konsumsi Protein untuk Mengganti Karbohidrat.


Setelah mengetahui jumlah kalori yang sesuai untuk Anda, saatnya mengubah jenis makronutrisi yang dikonsumsi. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya ubah kalori yang berasal dari karbohidrat dengan kalori yang berasal dari protein. Namun jangan mengonsumsi kurang dari 200 kalori yang berasal dari karbohidrat. Hal ini akan menyebabkan efek yang tak sehat untuk tubuh.

Ketika konsumsi protein bertambah, tubuh akan menambahkan otot dan semakin banyak membakar lemak. Selain itu, pilih zat lemak yang sehat seperti yang berasal dari minyak zaitun dan lainnya. Pilih daging yang berkualitas dan tak terlalu banyak mengandung lemak jenuh.


3. Konsumsi Serat dalam buah-buahan dan Sayuran


Ubah konsumsi karbohidrat dengan meningkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan lebih banyak.  
Serat makanan banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat serat antara lain, menjaga kesehatan jantung, pencegahan kanker, menurunkan kolesterol, mencegah batu empedu dan batu ginjal, mempromosikan kulit yang sehat, mencegah stroke, membantu menjaga berat badan, kesehatan pencernaan usus, dan dapat mempengaruhi diabetes.

4. Olahraga secara teratur


Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah berolahraga. Jangan malas dan lakukan olahraga setidaknya tiga kali seminggu. Anda bisa mengikuti gym atau melakukan latihan sendiri. Olahraga akan memicu perubahan hormon dan membuat Anda membakar lemak lebih cepat.

Anda bisa melakukan olahraga berat dengan berlari 10 detik selama tujuh kali dengan jeda satu menit. Lakukan itu seminggu sekali. Untuk kesempatan lain, coba berjalan-jalan selama 30 - 40 menit sehari.




Itulah beberapa cara yang tepat dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa harus membatasi makanan dan merasa kelaparan. Anda tak perlu berdiet secara ekstrem. Cara di atas akan membuat Anda lebih langsing dengan tetap menjaga kesehatan tubuh.